How To Draw Head Part 1 (Front View and 3-4 View)

| Thursday, June 28, 2012














Instruksi :
1. Buat bulet, ga bulet2 amat gpp. dulu gara2 gw perfeksionis, harus bener2 bulet sampe hapus2 berpuluh2 kali lol.  Bulet ini cm untuk "guide" aja biar kepala proporsional.

NOTE : Bahkan professional pun masih pakai garis2 bantu. So, don't sepelekan ini y, pertamanya sih kayanya repot, tapi kalo dah jadi bisa diliat bedanya. 


Instruksi :
1. Buat garis yang membelah buletan tadi secara vertikal dimulai dari titik atas, hingga bawah menembus buletan. Tembusannya kira2 panjangnya setengah buletan. Garis ini membantu kalian mambuat muka simetris, jadi kalau dari garis ini aja miring, nanti semuanya juga miring
---------
2. Buat garis yg sama seperti yg no.1, tapi horizontal dan ga nembus buletan. Garis ini akan jadi pemisah dimana kalian gambar rambut, dan dimana gambar mata,hidung,mulut and kuping.
---------
3. Buat garus horizontal di luar buletan, tepatnya di bagian bawah. Ini adalah garis rahang, dimana menjadi penanda kapan garis muka akan berubah jadi garis dagu, nanti liad di bagian 3 biar ngerti.
NOTE : jarak antara garis ini dengan buletan bagian bawah menandakan usia dari karakter kamu. semakin loli, semakin rapat dengan buletan, semakin dewasa, agak menjauh. Nanti di tutorial head part 2 dijelaskan.
---------
4. Batas dagu, sama kaya no.3, semakin muda, batas dagu dan garis rahang berdekatan, semakin dewasa semakin jauh.
















Instruksi bagian kiri (tampak depan) :
-----
Ikuti saja panahnya, yg perlu kalian lakukan adalah menarik garis dari poin 1 hingga 2. perhatikan di bagian yang ada tanda "!", artinya bakal ada lengkungan. berapa derajat lengkungannya, tumpul / lancip dsb akan kalian ketahui sendiri dari latihan berkali2. Mungkin pertama akan kaku, namun kelamaan akan menjadi seperti gambar diatas kalo sudah pengalaman. disini yang penting adalah, simetris.
----
Instruksi bagian kanan (tampak samping) :
----
Buat seperti yg di gambar, jangan tanya kenapa. Coba berkali2, nanti kalian tahu jawabannya. Untuk garis sama seperti yang no.1. Tarik garis, lengkungin, tarik lagi, lengkungin lagi, sampe kelar.



Intruksi :
----
Bukannya malas njelasin, tapi, jawabannya ada di dalam diri kalian. Untuk pemula, coba buat seperti di gambar saja. Setiap mangaka punya "style" sendiri dimana dia kadang2 mereka punya cara yang unik dalam penempatan hidung dan kuping.

Yang jelas, ini rumusnya :
----
1. Kuping selalu berada di antara haris horizontal yang membelah buletan hingga garis bagian bawah buletan.
----
2. Hidung biasanya terletak tepat di pertemuan garis vertikal dan garis rahang. Agak keatasin atau agak kebawahin itu selera, kalo gambar diatas, dari titik pertemuan, hidungnya dikeatasin dikit.

Disini, kalian akan belajar bagaimana menempatkan mata dengan benar, nah kotak merah diatas adalah "area" mata, tempat kalian nggambar mata, yaiyalah..

Instruksi (bagian kiri - tampak depan ) :
1. A = lebar mata, kanan kiri sama!!
------
2. B = jarak antara mata kanan dan kiri, biasanya lebarnya (B bagian kanan + B bagian kiri ) adalah 2/3 dari A
------
3. C = jarak mata dan muka, ini pakai feeling.
------

Instruksi (bagian kanan - tampak samping ) :
1. A = Lebar mata kiri, kalau di tampak 3/4, agak gepeng.
------
2. B = Lebar mata kanan, lebarnya 2 kali A
------
3. C + A = jarak antara mata kanan dan kiri, untuk C sendiri, ukurannya 1/5 A
------

/*
MATA KARAKTER BERBEDA2, tutorial ini adalah contoh dari mata cewe anime standar (contohnya mugi dari k-on!). Nanti ada HOW TO DRAW EYES untuk melihat bagaimana ukuran dari kotak2 ini bisa berubah sesuai dengan bentuk mata yg bervariasi pula dari om2 GAR hingga LOLI yang matanya bisa nembus batas hidung (kalo pernah nonton kanon versi jadul pasti inget).

Instruksi :
1. Sisanya tinggal ditambah rambut, ingat garis horizontal yg pertama ? yg membelah buletan jadi 2 ? dimana di bagian bawa kita kasih mata dkk ? Nah bagian atasnya kita kasih rambut. Tenang saja, nanti ada HOW TO DRAW HAIR kok, tunggu aja tanggal terbitnya.

/*
NOTE : Semuanya adalah proses, termasuk menggambar. Saat kita lahir, kita melihat orang2 bisa berlari, berjalan dan melompat. Kita bisa seperti itu setelah kita mencoba merangkak. Tips untuk newbie : Konsisten dengan progress. Latihan terus, HILANGKAN DULU YG NAMANYA PERFEKSIONISME sebelum bisa melakukan hal dengan benar. Perfeksionisme bakal berakibat : "saat menggambar, .... Ah sial! kok ga mirip kaya gitu si!!.. *hapus.. lalu gambar lagi*... Arrgh!! tetep ga mirip!!. *hapus lagi.. gambar lagi*... KURANG DIKIT... *Hapus lagi dan lagi... kertas robek* AARRGHHH!!!. Alhasil, ga dapet pelajaran, malah dapet kesal, minat berkurang dan kertas robek. Sayang kan ?.. Diatas ini dikutip dari kenangan masa lalu gw dimana gw pernah ga gambar apapun dalam waktu yg lama gara2 kesal gambaran gw ga mirip kaya yg di tv (pas gw masih shota).

Jadi, gambar sesuai dengan kemampuan kalian. percaya ato tidak, skill nggambar kalian bukan dari kepala, namun tangan kalianlah yang mengingat "cara menggambar". Serajin apapun kalian menghafal atau melihat tutorial tanpa mempraktekkannya, ga bakal bisa gambar, trust me! I proven it already.


From : Az-Design (Member in KAORI Nusantara)

0 Komentar:

Post a Comment

Next Prev
▲Atas▲